blog kuu......^^

8 Jan 2011

bagaimanakah pendidikan di korea selatan??




Korea Selatan merupakan salah satu negara yang terletak di wilayah timur Laut Asia. Negara ini menempati bagian selatan wilayah yang dikenal dengan sebutan Peninsula Korea. Berbatasan langsung dengan Korea Utara di bagian utara, Laut Timur (Laut Jepang) di bagian timur, Selat Korea di bagian selatan atau tenggara, dan Laut Kuning di bagian barat. Nama resmi negara ini adalah Republik Korea (Republic of Korea).
Akhir-akhir ini, Korea Selatan menjadi buah bibir karena prestasi menterengnya di bidang sepak bola. Akan tetapi, sebenarnya terdapat hal-hal tentang Korea Selatan yang cukup menarik untuk dibicarakan. Misalnya, tentang sumber daya alam, kehidupan keagamaan, bahasa, dan pendidikan di Korea Selatan.
Salah satu hal menarik dari Korea Selatan adalah tentang pendidikan di negara tersebut. Berdasarkan beberapa informasi, 98% masyarakat Korea Selatan merupakan masyarakat yang berpendidikan. Nah, bagaimana gambaran umum tentang pendidikan di negeri Park Ji Sung tersebut. Berikut ini ulasan sekilas tentang pendidikan di Korea Selatan.
Seperti halnya pendidikan di negara-negara lain, termasuk Indonesia. Pendidikan di Korea Selatan dilaksanakan dalam beberapa jenjang, yaitu jenjang pendidikan primer (primary education), pendidikan sekunder (secondary education), dan pendidikan tinggi (high education).
  • Pendidikan primer di Korea Selatan diwajibkan untuk anak-anak berusia 6 sampai 14 tahun. Pada jenjang pendidikan primer ini, prosesnya dilaksanakan di taman kanak-kanak dan sekolah dasar.
  • Pendidikan sekunder di Korea selatan idealnya dilaksanakan selama 6 tahun, yaitu 3 tahun di sekolah menengah (setara dengan SMP di Indonesia) dan sekolah atas (setara dengan SMA di Indonesia). Pada jenjang pendidikan sekunder ini, prosesnya dilaksanakan sekolah-sekolah kejuruan (setara dengan SMK di Indonesia). Selain itu, pada usia-usia sekolah menengah dan sekolah tinggi ini, anak-anak Korea Selatan melaksanakan beberapa pendidikan tambahan, yaitu melalui kegiatan kursus-kursus tertentu.
  • Pendidikan tinggi di Korea Selatan dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan perkuliahan di beberapa perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta yang jumlahnya sekitar 330 perguruan tinggi. Adapun beberapa perguruan tinggi yang terkemuka di Korea Selatan antara lain Universitas Korea (Korea University), Universitas Nasional Seoul (Seoul National University), Universitas Ewha (Ewha Women’s University), dan Universitas Yonsei (Yonsei University).
Masyarakat Korea Selatan tergolong masyarakat yang mempunyai atensi tinggi terhadap pendidikan sehingga tiap tahunnya sekitar 4 siswa anak tercacat melaksanakan kegiatan belajar di taman kanak-kanak dan sekolah dasar, sekitar 4 siswa anak di sekolah menengah, sekolah atas dan sekolah kejuruan, dan sekitar 3,2 juta mahasiswa melaksanakan kegiatan kuliah di perguruan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar